Jumat, 17 Oktober 2008

ARTIKEL TENTANG IT

Sesuaikan ukuran huruf: Perkecil font Perbesar font
foto berita artikel

Berita para peneliti dari University of California Los Angeles telah menemukan dampak dari penggunaan Internet yang dapat menambah power otak. Para tim ilmuwan tersebut telah menemukan bahwa user yang berusia di usia pertengahan, yang menggunakan Internet maka Internet dapat menstimulasi bagian tertentu dari otak dan dapat memperlambat perubahan proses alami yang terjadi di saat usia sudah menginjak tua.

Studi yang dilakukan oleh tim ilmuwan tersebut meliputi 24 sukarelawan yang berusia antara 55 hingga 76, separuh dari mereka telah berpengalaman dalam menggunakan Internet, sementara sisanya tidak. Kemudian otak mereka di-scan ketika mereka sedang online di Internet. Lalu hasilnya menunjukkan bahwa responden yang berpengalaman menggunakan Internet memiliki aktivitas otak di area pengontrol pengambil keputusan dan alasan yang kompleks.

Dari hasil tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Internet dapat memprovokasi user untuk membuat pilihan yang kompleks mengenai materi yang mereka inginkan, untuk melihat berapa lama user memiliki pengetahuan untuk menemukan informasi ini yang dapat dengan mudahnya untuk meng-click link yang ada.

Pimpinan tim ilmuwan, Professor Gary Small, menyatakan bahwa hasil studi tersebut menunjukkan bahwa teknologi computer memiliki efek psikologi dan menguntungkan untuk konsumen yang berusia pertengahan atau berusia dewasa atau tua. Dengan Internet, dapat membuat aktivitas otak yang rumit, sehingga otak dapat berlatih dan improve fungsi otak. Selain itu, telah lama diketahui bahwa teka-teki silang juga dapat membantu memperlambat efek menurunnya fungsi otak. Bahkan Nintendo kini sudah mendulang sukses untuk marketing game computer dan bermanfaat untuk otak, walaupun masih ada kontroversi mengenai kesuksesan Nintendo.



NARASUMBER:
http://www.beritanet.com/Life-Style/Consumer/Internet-Kemampuan-Otak-Usia-Pertengahan.html

0 komentar:

Halaman